Chiffon cake caramel

Kue ini perpaduan antara chiffon cake dengan caramel puding , melihat tampilan kchiffon cake karamelue ini diblog kakzusemanisgula ( resep dari MUNIRA BAHAROM ) kok tergoda untuk mencoba,disamping kelihatan enak juga tehnik pengerjaannya yg agak rumit , karena menggunakan teknik Au Ban Marie sptnya susah , padahal gampang… teknik tim ….iya spt ngetim nasi …he..he… dibawah Loyang cake ditaruh Loyang lagi yg berisi air ( diresep ini pake air yg sdh mendidih ) dan dioven 1 jam, sayangnya wkt bikin karamel api terlalu besar jadi keliatan coklat banget jadi kurang cantik, ntuk dicatat lain kali harus dgn api kecil dan Loyang agak tebal , hrs dgn susu cair murni gk susu bubuk dicairkan spt resepku ini….

Chiffon cake karamel /cake karamel

Bahan
2 / 4 sendok makan gula pasir
Jadikan karamel,ratakan pada seluruh loyang

Bagian atas ( untuk karamel pudingnya )
1cangkir penuh susu cair
70 gm gula castor
1/2 sdt vanili
3 kuning telur
kocok semua sampai rata.

Lapisan cake (A)
140 gm tepung terigu
70 gm gula halus/castor
3 kuning telur
135 ml air
1 sdt baking powder
45 ml minyak

1. Kocok kuning telur, gula , air & minyak sampai mengembang
2. Masukkan tepung yng dicampur baking powder(diayak dulu).
3. Biarkan sebentar

Meringue (B)
6 telur putih
70 gm gula castor
1 sdt cream of tar tar
kocok sampai kental tdh menetes
Campurkan adonan A dan B aduk dgn spatula sampai rata.dan diberi warna sebagian

1. Masukkan karamel dalam loyang
2. Masukkan cake yg putih ,kemudian yg berwarna.
3. Panaskan oven selama 10 menit.
4. 45 menit pertama pake api bawah dan 15 menit lagi api atas dan bawah pada suhu 180 derajat
5. Bakar cake dengan teknik au ban marie

Iklan

Putri Salju enak

Putri salju jadul kebanyakan gak pake kacang mete seperti yg sdh saya posting diblog ini,tapi kemarin bongkar2 resep ketemu resep yg pake kacang mete,tapi berhubung tidak ada persePutri salju enakdiaan bahan baku,yg ada Cuma kacang tanah akhirnya dipaksakan sbg pengganti kacang mete,ternyata hasilnya lumayan empuk dan terasa gurih kacang ,  untuk catatan kalau bikin lagi lembaga kacang yg bakal tunas harus disortir dan dibuang supaya kuenya tidak terganggu dgn rasa “mondho pait” tapi kata anak & suami pdhl gak ada rasa pait,mungkin lidahku yg terlalu sensitif kali ya…..lumayan enak, silakan yg mau nyoba ini resepnya ….

Putri salju enak

Bahan
Terigu 250 gr
Gula halus 100 grputri salju diloyang
Margarin 150 gr
Butter 100 gr
Keju chedar parut 1 sdm
Kacang tanah sangrai dihaluskan 250 gr

Taburan : Gula halus dan gula salju/donat

Cara:
Kocok margarine ,butter & keju sampai tercampur saja tambahkan terigu dan kacang bergantian aduk dgn spatula sampai tercampur rata,cetak & panggang
Note : tidak usah disemir telur atasnya ,setelah matang , menaburkan gula halus terlebih dulu kemudian gula donatnya.

Donat Kentang

Donat Kentang
Resep 1

Bahan:
Terigu 250 gr
Gula halus/pasir 50 gr
Susu bubuk 25 gr
Kentang 100 gr ( rebus dan haluskan)
Margarin 30 gr
Fermipan 1 sdt
Garam ½ sdt
Kuning telur 2
Air kelapa 50 ml

Donat Kentang
Resep 2

Bahan:
Terigu 250 grdonat kentang
Kentang rebus (halus) 250 gr
Gula pasir 2 sdm
Margarin/Mentega 1 ½ sdm
Kuning telur 2
Garam ½ sdt
Susu bubuk 2 sdm
Fermipan 5 gr

Cara:
Terigu + gula + fermipan + susu bubuk dicampur jadi satu tambahkan kuning telur dan tuangi air kelapa,aduk2 sampai tercampur hampir kalis masukkan margarine dan garam uleni sampai halus sesekali di banting2,tutup dgn serbet /plastik diamkan 30 menit sampai mengembang,kemudian buang udaranya bentuk diamkan sebentar lubangi tengahnya,baru digoreng , cara menggoreng dgn sumpit di putar2 dgn api kecil,sampai kecoklatan
Setelah matang diamkan spy dingin kemudian ditaburi gula donat.
NB : Untuk resep no 1 menjadi 10 buah

Pukis

Bahan:pukis

Terigu 250 gr
Gula pasir 80 gr
Margarine 50 gr
Santan  350 ml(diberi garam 1/2 sdt)
Fermipan 1sdt
Telur 2 butir

Cara:

Terigu +  fermipan + gula (bisa ditambah jadi 100 gr klu suka manis)taruh pada mangkok adonan lubangi tengahnya masukkan  telur,tuang santan aduk2 dan uleni terakhir margarine cair aduk lagi,supaya tercampur rata,diamkan 30 menit,cetak dgn cetakan pukis ,oles minyak goreng sedikit,tuang adonan sesendok isi dgn coklat atau keju setelah matang angkat,cetak lagi sesendok  nggak usah diisi langsung ditutup dgn kue yg masak tadi,diamkan sampai matang sempurna baru diangkat,jadi kue menyatu bentuknya,ulangi sampai adonan habis.

Pukis bisa diisi dengan pisang raja,keju,coklat ataupun kismis,sesuai selera masing2

Bolu Pisang Kukus

Bahan:

  1. Tepung terigu Bolu Pisang Kukus200 gr
  2. Gula pasir 150 gr
  3. Gula merah (diserut) 50 gr/gula palem
  4. Margarin/minyak sayur 150 ml
  5. Telur 3 butir
  6. Baking powder ½ sdt
  7. Baking soda ½ sdt
  8. Pisang 4 buah (haluskan),diresep ini pakai pisang kepok (seadanya).
  9. Kayu manis bubuk ½ sdt
  10. Meses coklat 1 ons

Cara:

  • Tepung terigu + kayu manis +baking powder+ baking soda diayak sisihkan(campuran 1).
  • Pisang yg sdh dihaluskan aduk dgn margarine cair (campuran 2).
  • Gula pasir,gula merah + telur dikocok sampai mengembang,masukkan campuran 1 aduk dgn kecepatan rendah kemudian tambahkan campuran 2 aduk sampai rata.
  • Siapkan cetakan kue mangkok oles dgn minyak ,isi ¾ adonan taburi dgn meses.
  • Air kukusan harus mendidih ,langseng tutupnya dibungkus serbet makan ,kemudian adonan dikukus selama 20 menit.
  • NB: Kalau tdk suka manis, gula pasir bisa dikurangi ,topping bisa divariasi sesuai selera….menjadi 20 buah

Bakpao


Ada ayam suwir kecap sisa kemarin yg gak laku,timbullah keinginan mengolah jadi sesuatu yg bisa menggugah selera makan anak & suami,buka2 lemari dan ada tepung terigu,tepung tang mien,butter Holman akhirnya kuputuskan utk bikin bakpao dgn bahan tsb,pertama2 ayam suwir kecap dihaluskan spy menjadi abon ayam dan ditambah gula spy berasa manis…..barulah bikin adonan kulit bakpao,lumayan bisa utk cemilan sore hari yg selalu turun hujan………..hmmm….bikin kenyang…..resepnya aku tulis ya….
  
Bakpao dgn tang mien
Bahan:
Terigu 250 gr
Tang mien 50 gr
Gula halus 25 gr
Garam ¼ sdt
Bakpuder ½ sdt
Ragi instan ½ sm
Air es 100 ml
Butter 25 gr(1 sdm)
Cara:
Terigu + tang mien + bakpuder diayak,masukkan ragi instan,gula,tuangi air es diaduk setelah tercampur tambahkan garam & butter uleni sampai kalis & tdk lengket,sesekali dibanting 2,diamkan 1 jam kempeskan dan pulung sesuai selera kemudian isi dgn ayam kecap,alasi dgn kertas roti dan diamkan biar mengembang kira2 20 menit,kukus pd langseng yg airnya sdh mendidih selama 20 menit (jangan lupa tutup langseng dibungkus dgn serbet makan,jangan dibuka sebelum matang)

Bakpao

Bakpao

bahan:

  • Terigu protein tinggi 500 gr
  • Fermipan 10 gr(1 sdm)
  • Baking powder 1/2 sdt
  • Gula halus 60 gr
  • Roombutter/lemak yg lembut 40 gr (mentega putih)
  • Telur 1
  • Garam 5 gr
  • Air 250 cc

Cara:

  1. Campurkan terigu + fermipan + gula halus + telur + air ,uleni pakai tangan,setelah agak tercampur tambahkan roombutter dan garam uleni & sesekali dibanting2 spy kalis tutup dgn plastik diamkan 30 menit,potong2 dan isi dgn ragout atau kacang hijau(kalau saya pake isi onde2 lihat resepnya)alasi  dgn kertas roti / daun ,diamkan selama 20 mnt,spy mengembang
  2. Kukus 20 menit & tutup kukusan dilapisi serbet makan, jangan dibuka sebelum matang.

Untuk Mantou

  1. Adonan setelah mekar masukkan pd penggilingan mie,giling dgn ketebalan no 1 sampai kalis dan halus
  2. Ambil adonan selebar 4 -5 cm gulung
  3. Taruh masing2 pd selembar kertas roti,diamkan lagi kira2 20 mnt
  4. Kukus selama 20 menit
  5. Bakpao dan Mantou enak dimakan selagi hangat.

Bolu gulung

Bahan A:bolu gulung,selai nanas

  • Telur 8 butir
  • Gula pasir 170 gr
  • Vanili 1/8 sdt

Bahan B:

  • Terigu 140 gr
  • Maezena 20 gr
  • Quick/TBM 15 gr
  • Baking powder 1/4 sdt
  • Susu bubuk 1 sdk makan.

Bahan C:

  • Wisman 60 gr
  • Margarin 100 gr
  • keduanya dicairkan.

Cara:

Kocok bahan A selama 2 menit,tambahkan bahan B kocok lagi dgn kecepatan tinggi kurleb 5 menit,setelah mengembang dan kental campurkan butter cair aduk keatas bawah.

Masukkan loyang 35x35x4cm,oles margarin alasi dgn kertas roti yg diolesi margarin,panggang 30 menit

oles dgn selai nanas,dan gulung selagi panas….

Nastar

Bahan A:
150 gr Butter
150 gr Margarin
Bahan B:
1 Kuning telurnastar,empuk,selai nanas

Bahan C:
450 gr terigu protein sedang
25 gr Susu bubuk
125 gr Gula halus

Untuk selai nanas:
3 buah Nanas diblender,tambah gula pasir 300 gr,diaduk sampai airnya habis
sehingga selai dpt dipulung.

Cara:
Kocok bahan A sampai tercampur rata,tambah bahan B kocok sebentar tambahkan bahan C aduk dgn spatula,diamkan sebentar kemudian dicetak diisi selai oles dgn kuning telur.Simpan dalam toples kalau kue nastar sudah dingin.

Semprit Garut

semprit tepung garut

Bahan :

  • 250 gr Tepung pati garut.
  • 125 gr Terigu.
  • 150 gr gula halus.
  • 150 Margarin.
  • 1/2 sdt vanili & 1/2 sdt soda kue .
  • 2 Kuning telur (kocok dgn garpu ).
  • 1/2 cangkir santan kental.

Cara :

  • Tepung garut disangrai, juga terigu ayak kedua tepung.
  • gula halus juga diayak spy tdk ada butiran gula.
  • Margarin + gula diaduk dgn sendok kayu.
  • Masukan tepung, vanili, soda aduk tambahkan telur & terakhir santan.
  • Cetak dgn cetakan semprit.
  • jarak antara kue pd loyang jangan terlalu dekat, agar tdk menyatu kl mengembang saat di oven….NB:mencetak kue ini hrs super sabar krn jempol tangan bekerja keras…:))