Sosis Ayam Bikin Sendiri

Bahan
Daging ayam 300 grsosis ayam bikinan sendiri
Susu bubuk 1 sdm
Bawang putih 2 siung(goreng)
Bawang merah goreng 1sdm
Merica bubuk ½ sdt
Garam 1 sdt
Gula 1 sdt
Kecap 1/2 sdm
Tapioka 5 sdm
Baking powder ¼ sdt
Soda kue ¼ sdt
Es serut 50 gr
Putih telur 2 (dari 2 butir)

Cara
Daging ayam dipotong dadu kecil,bumbu,tapioka ,putih telur ,baking powder & soda,tambahkan es semua di haluskan dgn chooper sampai halus.
Siapkan plastic es lilin,isi dgn adonan menggunakan piping bag,kemudian masukkan pd air yg hangat (hampir mendidih),kira2 5 menit & angkat ,kukus semua sosis sampai matang dan dinginkan . sosis bisa langsung digoreng atau disimpan dlm lemari pendingin.

Tahu Telur Bumbu Petis

tahu telur bumbu petisBahan
Tahu 5 buah (iris2 & goreng setengah matang)
Telur 3 butir
Merica secukupnya
Garam secukupnya
Tauge 100 gr(seduh dgn air)
Ketimun 1 buah
Kacang tanah goreng 100 gr
Cabe rawit 4 buah
Bawang putih 2 siung(goreng sebentar)
Bawang merah goreng 2 sdm
Petis 1 sdt
Kecap manis 6 sdm
Air hangat secukupnya

Cara
Telur,garam,merica, kocok sampai tercampur masukkan tahu dan buat dadar sampai matang kemudian potong2 sisihkan.
Kacang tanah,bawang putih ,cabe rawit & petis dihaluskan tambahkan air hangat & kecap aduk sampai tercampur.

Penyajiannya: Siapkan piring saji tata dadar telur tahu,kemudian tauge dan timun yg dipotong2 kecil siram dgn bumbu kacangnya dan taburi dgn bawang goreng.

Oblok Oblok Tahu Sumedang dan Pindang Mojang

Bahan
Pindang mojang 4 buah ( buang kepala dan isi perutnya)
Tahu sumedang kecil 15 biji
Bawang merah 6 buah
Bawang putih 3 siung
Cabai hijau besar 4 buahoblok oblok tahu sumedang dan pindang mojang
Cabai hijau keriting 4 buah
Terasi ½ sdt
Tomat 1 buah (buang bijinya )
Santan 500 ml
Garam 1 ½ sdt
Gula 1 sdt
Penyedap ¼ sdt
Daun salam
Laos

Cara:
Iris2 semua bumbu kecuali daun salam & laos,tumis dgn minyak secukupnya,tambahkan air masukkan tahu dan pindang tambahkan bumbu lainnya,masukkan santan aduk sampai mendidih dan santan agak berminyak.

Semur bola bola daging

Semur bola bola dagingsemur bola bola daging

Bahan 

Daging ¼ kg
Tepung tapioka 1 ½ sdm
Garam ¼ sdt
Merica bubuk ¼ sdt
Pala ¼ sdt
Bawang goreng ½ sdm
Kaldu bubuk ¼ sdt
Putih telur 1 butir
Semua bahan digiling

Bumbu
Bawang merah 3 buah
Bawang putih 1 siung
Kemiri (sangrai) 2 butir
Merica bubuk ¼ sdt
Cengkih 2
Kayu manis 2 cm
Cabai merah (buang bijinya ) 1 buah
Kecap 3 sdm
Santan 250 ml
Garam ½ sdt
Gula ½ sdt
Daun salam 1 lembar

Cara:
Daging dibentuk bola2 masukkan pd air hangat (air mendidih diamkan sesaat),kalau sdh berubah warna angkat,kemudian goreng sebentar sisihkan.
Haluskan bawang merah, bawang putih,merica & kemiri tumis dgn minyak 2 sdm tambahkan bumbu yg lainnya & tuang air sedikit,masukkan bola2 daging tambahkan santan & kecap aduk sampai bumbu meresap & angkat
Semur bola bola daging taburi bawang goreng siap disajikan.

Udang Tepung Maezena

Udang tepung maezenaudang tepung maezena

Bahan:
Udang (besar ) 500 gr
Tepung maezena 150 gr
Merica bubuk ½ sdt
Garam 1 sdt
Kaldu bubuk secukupnya
Air jeruk nipis 2 sdm
Putih telur (kocok )
Minyak

Cara:
Kupas kulit udang buang duri & sisakan ekor lumuri dgn air jeruk dan garam diamkan sesaat kemudian tiriskan
Campur tepung maezena , merica bubuk, kaldu bubuk & garam aduk rata.
Ambil udang pegang ekornya,baluri dgn tepung maezena, celupkan pd putih telur & gulingkan lagi pada maezena goreng dgn minyak yg sdh panas sampai matang.

Sayur lodeh

Sayur lodeh sayur lodeh

Bahan:
Kacang panjang ¼ kg (potong )
Labu siam 1 buah(kupas potong2)
Daun mlinjo 1 genggam
Terong 1 (kupas & potong2 )
Santan kental 500 ml
Santan encer 500 ml
Bawang merah 6 butir
Bawang putih 3 siung
Cabai merah 3 biji
Ebi 1 sdm (cuci bersih )
Garam
Gula
Daun salam
Laos

Cara:
Bawang merah + bawang putih + cabai merah setelah dikupas dan dibersihkan di iris2 halus ,kemudian tumis + ebi dan bumbu lainnya masukkan sayuran tumis sebentar & tuang santan encer tambahkan gula & garam terakhir santan kental di aduk2 sampai mendidih & matang sempurna.

Pepes Ikan Emas

pepes ikan emas

Bahan:
1. Ikan emas 1kg (buang isinya dan bersihkan)
2. Bawang merah 10 buah
3. Bawang putih 4 siung
4. Kemiri 10 butir (goreng)
5. Cabai merah 4 buah (potong2)
6. Kunyit 2 ruas jari (bakar )
7. Jahe 3 secukupnya
8. Sereh 3 buah (potong2 )
9. Daun salam
10. Merica ½ sdt
11. Penyedap rasa (optional )
12. Gula 1 sdtpepes ikan
13. Garam 3 sdt
14. Jeruk nipis 1 buah
15. Daun pisang
16. Lidi

Cara:
• Ikan setelah bersih beri perasan jeruk dan garam sisihkan
• Semua bumbu Bawang merah ,bawang putih , kemiri ,merica , kunyit ,jahe , dihaluskan tambahkan garam,gula & penyedap rasa,bumbu dibagi sesuai jumlah ikan
• Bungkus masing2 ikan dgn dibalur bumbu dan ditambahkan cabai merah dan daun salam,semat dgn lidi,kukus /dipresto sampai matang.Dipanggang sebentar baru disajikan.

Kiat Sukses Membuat Kue Kering

1. Pilih bahan yang berkualitas dan tidak kadaluarsa , kalau membeli bahan kue hati2 hrs membeli ditoko yang jujur ( kadang keju sdh expired masih dijual saja,makanya kita hrs super teliti )….caranya gimana dong apa mesti nanya “ sampeyan jujur gak ya? “…hehehe
2. Terigu sebaiknya disangrai sebentar, supaya kandungan airnya berkurang, shg kue akan lebih renyah dan tahan lama.
3. Cara mengocok margarine dan gula jangan terlalu lama karena kue yg dihasilkan akan tdk cantik kalau dicetak jadi melebar alias mbleber….lucu kedengaranya …
4. Mengaduk adonan memakai spatula kayu atau alat khusus untuk mengaduk ,jangan meremas dgn tangan terlalu lama , shg margarine jadi meleleh krn panas tangan dan kue menjadi keras.
5. Jika adonan terlalu lembek , untuk mencetak jadi ribet khan? Masukkan dlm lemari pendingin utk beberapa lama klu sdh agak mengeras baru dicetak.
6. Kalau ada adonan yang susah dicetak krn kering tambahkan margarine sedikit , atau santan kental ( khusus untuk kue semprit )
7. Mencetak kue yang dispuit lebih gampang dgn bantuan plastik segitiga (piping bag ) krn kalau dgn jempol bisa memar lho…….eh sakit ( pengalaman )
8. Terus apalagi ya….oh iya kalau memanggang pake Loyang jangan terlalu tipis , krn cepet gosong alias hangus dan api sedang saja.
9. Kalau kue sudah agak kering diangkat saja nanti proses mematangan dibiarkan pd Loyang,krn kalau nunggu coklat bisa2 kue kurang cantik warnanya.
10. Mencoba resep sebaiknya setengahnya dulu kalau hasilnya OK baru bisa diulang.
11. Mungkin hanya itu dulu “Kiat Sukses Membuat Kue Kering “nya, nanti bisa dilanjut lagi.

Note: Membuat kue kering modal utama adalah kesabaran kata orang hrs telaten , nanti kue yg dihasilkan cantik2 bentuknya.

Saus Dasar Salad

Saus Dasar Salad
salad,saus,mayonessaus,salad,mayonesSekarang sangat mudah mendapatkan saus salad yang sudah siap pakai ditoko makanan maupun di super market,sayang harganya cukup mahal,padahal membuat saus salad sendiri sangat mudah dan sudah pasti lebih murah,dari hasil baca2 ternyata sebenarnya dasar saus salad atau yang biasa disebut dressing hanya ada dua macam yaitu Mayones atau Vinaigrette ( French Dressing ) ,dan modifikasi dari mayones itu sendiri yang ditambah beberapa bahan spt rempah2 ,saus tomat,selai kacang ,acar timun dan sebagainya .
Apapun campuran yang dibubuhkan kedlmnya tetap rasa utamanya asam & segar,ini ada resep untuk membuat saus Mayones…..

Mayones

Bahan:
1 Kuning telur, garam dan merica secukupnya
250 cc minyak selada /minyak sayur bisa diganti minyak lainnya
1 sdt cuka apel bisa dgn cuka biasa /air jeruk lemon
1 sdt mustard

Cara: Aduk kuning telur + garam + merica sampai tercampur,tuangi minyak sedikir sedikit sambil dikocok dgn mikser (minyak dimasukkan ½ sdt kocok kembali ,setelah rata tambahkan lagi ½ sdt lakukan sampai minyak habis).

NB:Kuning telurnya mentah ,tapi gak usah khawatir kumannya mati karena ada cuka.Yang terpenting pastikan telurnya dicuci dgn bersih dan sebaiknya telur yang masih segar.