Kroket Kentang

Kroket kentangKroket Kentang salah satu makanan kesukaan suamiku krn rasanya yang gurih bikin kenyang tapi tidak membosankan bisa untuk pengganti sarapan pagi karena makanan ini lengkap ada sumber karbohidrat , protein & sayuran dan pelengkap untuk kroket cabe rawit atau saus sambal
KROKET KENTANG
Bahan:
Kentang 300 gr( dikukus & goreng sebentar)
Susu bubuk 2 sdm
Terigu 1 ½ sdm
Kuning telur 1
Merica bubuk ¼ sdt
Garam ½ sdt
Kaldu bubuk secukupnya
Isi:
Daging ayam cincang 200 gr
Wortel rebus 2 buah iris dadu
Bawang bombay 1 buah (cincang)
Bawang putih 2 siung (cincang halus)
Merica halus ¼ sdt
Gula 1 sdm
Garam ½ sdt
Susu bubuk ½ sdm
Maezena ½ sdm
Air 50 ml
Tepung panir & putih telur
Cara:
– Kulit: haluskan kentang campurkan semua bahan2nya dan aduk sisihkan
-isi: tumis bawang bombay + b .putih dgn margarin tambahkan daging ayam aduk sebentar kemudian masukkan wortel dan bumbu2nya tambahkan air dan maezena yg dicairkan aduk sampai rata .
Penyelesaian: ambil adonan kulit secukupnya dan isi bulatkan dan gulingkan pd terigu ,putih telur terakhir tepung panir kemudian goreng pd minyak panas sampai matang ,angkat

Lemper Abon Sapi

Punya sisa beras ketan dan abon sapi yang sisa dari bikin pastel goreng,akhirnya punya ide bikin lemper isi abon , tinggal nambahin santan & daun pisang yang bisa dibeli diwarung ,sayang daunnya dapat yg agak layu,gak masalah yg penting bisa untuk membungkus ,kali ini supaya cepet ketan yg sdh matang bagi 2 ,sebagian ditaruh pada loyang yg dialasi dengan daun dan dipadatkan kemudian ditaburi abon atasnya ditutup ketan lagi padatkan & diiris,kemudian dibungkus jadilah Lemper Abon Sapi untuk teman minum kopi dan sarapan besok pagi,ini resepnyaLemper Abon Sapi

Bahan
Beras ketan 1 kg(rendam selama 2 – 3 jam)
Santan 500 ml (1 butir kelapa)
Garam 1 ½ sdt
Gula 1 sdm
Daun pandan 1 lembar
Abon sapi 250 gr
Daun pisang

Cara
Kukus beras ketan sampai setengah matang,keluarkan dan taruh pd panci kemudian siram dengan santan yg sdh dicampur garam,gula aduk rata
Kukus kembali beras ketan sampai matang
Ketan dibagi 2,siapkan Loyang alasi dgn daun ratakan sebagian ketan & padatkan,beri abon atasnya dan tutup dgn ketan padatkan lagi,iris sesuai selera besar kecilnya dan bungkus dgn daun pisang kemudian kukus lagi selama 25 menit,angkat & sajikan

Resoles Sayuran

Bahan

Resoles Sayuran

Resoles sayuran

Kulit

Terigu 150 gr
Tapioka 1 sdm
Telur 1 butir(kocok)
Susu cair 300 ml
Margarin cair 2 sdm
Garam ½ sdt
Soda kue ¼ sdt

Isi

Wortel 4 (rebus & serut)
Buncis 5 (rebus & iris tipis)
Bawang bombay 1(kecil)
Bawang putih 2 siung(cincang)
Bawang daun 1 batang
Seledri 2 batang
Merica bubuk ½ sdt
Susu cair 250 ml
Terigu 2 sdm

Gula 1 ½ sdm
Garam 1 sdt
Kaldu blok 1
Margarin 2 sdm

Tepung panir
Telur

Cara

Kulit: terigu,soda kue,tapioka,susu,telur,garam aduk rata tambahkan margarine aduk2 sampai licin istirahatkan adonan sebentar & buat dadar adonan kulit ,panaskan wajan anti lengket tuangkan adonan sesendok sayur putar dan biarkan matang angkat,ulangi sampai adonan habis.

Isi: panaskan margarine tumis bawang Bombay,bawang putih,bawang daun,masukkan wortel,buncis,seledri,susu,gula,garam,kaldu blok & terigu aduk2 sampai mengental kalau kurang manis bisa tambahkan gula,karena isi lebih enak terasa manis.angkat

Penyelesaian: ambil selembar kulit kemudian isi dengan 1 ½ sdm adonan isi ,bungkus rapat dan gulingkan pd kocokan telur dan gulingkan pd tepung panir,ulangi sampai selesai dan simpan dahulu pd lemari pendingin kira2 15 menit,supaya tepung panir menyatu dengan kulit kemudian goreng dengan minyak agak banyak yg sdh panas & diamkan kalau sdh agak sedikit coklat baru dibalik biarkan matang & angkat ,tiriskan dan sajikan.

Pastel basah ayam

Bahan
Terigu 300 grpastel basah ayam
Margarin 2 sdm
Kuning telur 1
Garam ½ sdt
Santan 70 ml

Isi
Daging ayam 200 gr ( di cincang/ blender)
Wortel 250 gr ( rebus & iris kotak)
Telur puyuh rebus
Kentang 2 buah (potong kotak rebus sampai empuk)
Daun bawang 2 batang
Seledri 1 batang
Merica bubuk ½ sdt
Pala bubuk ¼ sdt
Bawang putih 3 siung(geprek & cincang)
Bawang Bombay 1 buah(kecil) cincang
Susu kental manis 1 sachet
Garam 1 sdt
Gula 1 sdt
Terigu 1 sdm
Kaldu blok ayam 1

Cara
Kulit: Terigu + margarine + garam aduk rata tambahkan kuning telur,santan uleni sampai kalis & diamkan 5 menit.Bagi menjadi 20 bulatan.

Isi:
Bawang putih,bawang Bombay,daun bawang ditumis dgn margarine sampai harum,masukkan daging ayam , merica ,pala,garam ,gula ,wortel ,kentang,seledri aduk tambahkan air sedikit ,kaldu blok,susu kental manis & terigu aduk sampai matang test rasa kalau sdh pas angkat.
Penyelesaian: ambil satu bulatan adonan & tipiskan kemudian isi ayam ,telur puyuh dan tangkupkan pinggir dilipat2 kecil,goreng dgn minyak dingin dulu kemudian nyalakan apinya,dibolak balik supaya matang merata.

Marmer Cake berbintik Choco chips

marmer cake berbintik choco chipsMalam minggu bikin camilan yg mengenyangkan “Marmer Cake”Yuk,biar untuk menemani malam panjang kita apalagi yang mempunyai anak2 suka ngemil,ini resepnya

Bahan
Terigu 200 gr
Telur 8 butir(pisahkan putih & kuningnya)
Gula halus 200 gr
Margarin/mentega 300 gr
Baking powder 1 sdt
Coklat bubuk 1 sdm
Choco chips secukupnya
Vanili sedikit saja

Cara
Terigu & baking powder diayak sisihkan
Mentega + gula halus dikocok sampai putih
Masukkan kuning telur satu persatu dan adonan dikocok ,bubuhkan vanili aduk dan masukkan terigu sedikit demi sedikit aduk dgn spatula,terakhir tambahkan putih telur yg sdh dikocok sampai kaku aduk perlahan dari atas kebawah sampai tercampur rata.
Coklat bubuk diberi air panas sedikit aduk dan tambahkan adonan secukupnya aduk rata.
Siapkan Loyang yg dioles dgn margarine dan ditaburi terigu masukkan adonan putihnya & adonan coklat taruh ditengahnya sesendok demi sesendok,aduk memutar spy membuat motif marmer,panggang dioven yg sdh dipanaskan ,kalau sdh 15 menit taburi choco chipnya biarkan sampai matang (kira2 30 – 45 menit)

Cakue

Membuat cakue keliatan gampang tapi kok ya nggak sukses2,kadang keras dan liat gak spt yg dijajakan dipinggir jalan,denger2 biar garing hrs ditambah amoniak ,tapi setelah ada bahan baku rasanya kurang tega mau nambahin bahan yg satu ini,takut ada efek yg macem2 lebih sreg memakai baking powder + soda kue saja.ini resep cakue yg sdh kucoba…

cakue

cakue bandung

Cakue

Bahan
Terigu protein tinggi 100 gr
Terigu protein sedang 50 gr
Garam ½ sdt
Gula 1 sdm
Kaldu instan secukupnya
Baking powder ¼ sdt(aku pake double acting)
Soda kue ¼ sdt
Air 100 ml

Cara
Kedua terigu dicampur tambahkan baking powder & soda kue ayak,masukkan gula, garam,kaldu instan dan tuang air sedikit demi sedikit kalau sdh bisa dipulung stop pemberian airnya,aduk dengan tangan sampai kalis supaya tdk lengket tangan beri minyak sedikit dan tutup dgn plastik diamkan 4 jam kemudian adonan digiling spy tipis dan potong,tumpuk 2 potong dan tekan tengahnya dgn punggung pisau kemudian goreng.

Cookies Semangka

Bahan:
300 gr mentega/margarinCookies semangka
225 gr gula bubuk
50ml whipped cream
1 sdt perenyah cookies (Optional)
1 sdt vanilla pasta
3 btr kuning telur
2sdt melon flavour
½ sdt garam

Terigu 525 gr(dibagi 3 masing2 seberat 175 gr)

Cara
Kocok semua bahan selain terigu sampai lembut dan rata ,bagi adonan jadi 3 sehingga adonan ada 3 bagian(A,B dan C)

Adonan A tambahkan:terigu 175 gr,Almond bubuk 50 gr,Maezena 10 gr,Susu bubuk full cream 20 gr,1 sdm wijen hitam(sangrai),Pewarna merah semangka secukupnya kemudian aduk rata ,bagi menjadi 4 atau 2 bulatan(simpan dlm freezer)

Adonan B:Tambahkan
Terigu 175 gr,Maezena 20 gr,Susu bubuk full cream20 gr & pewarna kuning secukupnya(bagi 4 atau 2 bulatan)

Adonan C:Tambahkan
Terigu 175 gr,Maezena 20 gr,Susu bubuk full cream 20 gr & pewarna hijau secukupnya(bagi 4 atau 2 bulatan).Setelah adonan merah mengeras adonan ini dibungkus dgn adonan kuning kemudian bekukan lagi,terakhir dibungkus adonan hijau dan bekukan lagi.
Gulingkan pada gula kasar dan belah jadi dua memanjang (spt lontong dibelah 2)dan diiris tipis2 letakkan pada Loyang yg sdh dioles blue band,oven sampai matang.
Sumber resep:NCC

Keripik Singkong

Bahankeripik singkong renyah
Singkong 1 kg(kupas cuci & potong2 tipis)
Garam ½ sdm
Bawang putih 1 siung
Kaldu blok ½
Air secukupnya
Minyak goreng

Cara
Bumbu dihaluskan + kaldu blok tambahkan air aduk,singkong yg sdh diiris celupkan bumbu kemudian goreng pd minyak yg sdh panas sampai matang & kering,angkat dan tiriskan.simpan dlm toples kalau sdh dingin.

Kue Semprong / Opak Gulung

kue semprong / Opak gulung.

Bahan

3 btr telurkue semprong
500 ml santan kental
1 sdt garam
200 gr tepung terigu protein sedang
75 gr tepung sagu
230 gr gula pasir
2 sdm wijen

Cara
Campur terigu + tepung sagu + gula pasir aduk rata.
Tuang telur pd campuran tepung , tuangi santan sedikit2 aduk sampai adonan tercampur semua , beri wijen
Panaskan cetakan , tuang satu sendok makan adonan & tutup , balik cetakan,buka dan gulung pelan2 dgn penjepit dari bambo tipis yg dibelah atau sumpit

Note: Membuat kue semprong ternyata lama , satu resep hampir 2 jam krn dicetak satu persatu , api harus kecil kalau terlalu besar kue cepat hangus , kalau untuk percobaan bikin setengah resep saja , kalau gak telaten bisa berhenti dijalan….
sumber resep Fatmah Bahalwan

Chiffon cake caramel

Kue ini perpaduan antara chiffon cake dengan caramel puding , melihat tampilan kchiffon cake karamelue ini diblog kakzusemanisgula ( resep dari MUNIRA BAHAROM ) kok tergoda untuk mencoba,disamping kelihatan enak juga tehnik pengerjaannya yg agak rumit , karena menggunakan teknik Au Ban Marie sptnya susah , padahal gampang… teknik tim ….iya spt ngetim nasi …he..he… dibawah Loyang cake ditaruh Loyang lagi yg berisi air ( diresep ini pake air yg sdh mendidih ) dan dioven 1 jam, sayangnya wkt bikin karamel api terlalu besar jadi keliatan coklat banget jadi kurang cantik, ntuk dicatat lain kali harus dgn api kecil dan Loyang agak tebal , hrs dgn susu cair murni gk susu bubuk dicairkan spt resepku ini….

Chiffon cake karamel /cake karamel

Bahan
2 / 4 sendok makan gula pasir
Jadikan karamel,ratakan pada seluruh loyang

Bagian atas ( untuk karamel pudingnya )
1cangkir penuh susu cair
70 gm gula castor
1/2 sdt vanili
3 kuning telur
kocok semua sampai rata.

Lapisan cake (A)
140 gm tepung terigu
70 gm gula halus/castor
3 kuning telur
135 ml air
1 sdt baking powder
45 ml minyak

1. Kocok kuning telur, gula , air & minyak sampai mengembang
2. Masukkan tepung yng dicampur baking powder(diayak dulu).
3. Biarkan sebentar

Meringue (B)
6 telur putih
70 gm gula castor
1 sdt cream of tar tar
kocok sampai kental tdh menetes
Campurkan adonan A dan B aduk dgn spatula sampai rata.dan diberi warna sebagian

1. Masukkan karamel dalam loyang
2. Masukkan cake yg putih ,kemudian yg berwarna.
3. Panaskan oven selama 10 menit.
4. 45 menit pertama pake api bawah dan 15 menit lagi api atas dan bawah pada suhu 180 derajat
5. Bakar cake dengan teknik au ban marie